Melamar suatu pekerjaan sudahlah pasti akan dilakukan para pencari kerja, berawal dari sini juga seseorang akan memulai proses menuju kesuksesan, akan tetapi masih banyak juga dari para pencari kerja yang belum berhasil dalam meraih kesuksesan tersebut. Berikut ini kami berikan tips untuk melamar pekerjaan. Untuk melamar pekerjaan ada beberapa tahapan / persiapan yang harus dilakukan adalah 4M :
- Mencari informasi lowongan pekerjaan.
- Mempersiapkan berkas surat lamaran.
- Mempersiapkan media pengiriman.
- Mengirim surat lamaran.
Pembahasan 4M sebagai berikut :
- Mencari informasi lowongan pekerjaan
Hal ini sangat diperlukan dan menjadi keharusan buat para pencari kerja, baik informasi itu dari seseorang, media cetak, atau internet. Jika informasi didapatkan dari seseorang / rekan, tanyakan dengan jelas tentang lowongan tersebut. Jika anda mendapatkannya dari media cetak atau internet, baca dengan jelas dan detail, termasuk melihat tanggal penutupan lowongan, karena ada beberapa pencari kerja melupakan saat tanggal penutupan lowongan. untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya segera mengirimkan lamaran jika anda berminat dengan informasi lowongan yang anda dapatkan. - Mempersiapkan berkas surat lamaran
(A) Buatlah surat lamaran pekerjaan dengan singkat, akan tetapi jelas, perhatikan dalam tata letak, susunan, bahasa yang digunakan (misal bahasa Indonesia, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar), untuk jenis huruf / font sebaiknya gunakan tipe Arial atau Times New Roman.
(B) Buatlah Curriculum Vitae (CV) / Daftar Riwayat Hidup sesuai dengan data-data anda yang sebenarnya, misalkan profil anda, profil orang tua / keluarga, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan lain sebagainya,
(C) Pastikan kelengkapan dokumen anda tidak tertinggal seperti foto copy KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, pas foto dan lain sebagainya. - Mempersiapkan media pengiriman
Dalam hal ini bisa berupa amplop jika harus mengirim ke alamat kantor / perusahaan, tuliskan alamat yang dituju dan alamat anda serta posisi / jabatan yang anda lamar (jika diperlukan) dengan jelas dan lengkap pada amplop. Jika persyaratan harus dikirim via e-mail, berarti anda harus mempersiapkan berupa soft file (atau sesuai ketentuan pada lowongan). - Mengirim surat lamaran
Setalah semua persyaratan terpenuhi dan siap kirim, langsung kirim bisa lewat pos atau layanan pengiriman lainnya, gunakan fasilitas pengiriman kilat atau express, apalagi jika waktunya sudah mepet. Jika via e-mail pastikan semua file yang dibutuhkan sudah ter-upload, dan jangan lupa untuk mengisi subjek pada e-mail (jika diperlukan).Sekian dulu Tips Melamar Kerja dari team Bursa Loker Jatim, Semoga membantu dan bermanfaat."SUKSES MENYERTAI ANDA"